Perubahan Musim, Puskesmas Sei Merdeka Waspadai Peningkatan Kasus DBD

Perubahan Musim, Puskesmas Sei Merdeka Waspadai Peningkatan Kasus DBD

 

 

Sei Merdeka, Puskesmas Sei Merdeka mewaspadai adanya peningkatan kasus demam berdarah. Memasuki musim hujan, masyarakat diminta untuk tidak lupa melakukan pemberantasan sarang nyamuk. (PSN)

Koordinator surveylaince Elhamsyah mengatakan ada kecenderungan peningkatan kasus selama musim hujan. Namun peningkatan ini bisa ditanggulangi jika masyarakat mau mematuhi himbauan yang disampaikan oleh pihak puskesmas melalui pihak kelurahan dan desa untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara serentak. Dengan cara gotong royong dan 3 M Plus.

“wilayah kerja Puskesmas Sei Merdeka memang telah terjadi peningkatan kasus yang berpotensi terjadinya kejadian luar biasa (KLB). ” tutur Elhamsyah, dalam pertemuan lintas sektoral di tingakat kelurahan di Desa Beringin Agung, Senin (01/02/2016) 10:00 Wita.

Data dari surveylance menyebutkan pada bulan Januari s/d Februari 2016, terdapat 63 kasus demam berdarah di wilayah kerja Puskesmas Sei Merdeka. Diantaranya jumlah kasus terbanyak terdapat di desa Beringin Agung sebanyak 22 kasus, Kelurahan Karya Merdeka sebanyak 17 kasus, Kelurahan Bukit Merdeka 14 kasus, kelurahan Sungai Merdeka 7 kasus, dan di Desa Tani Bhakti Serta Desa Bukit Raya masing-masing terdapat 2 kasus.
Elhamsyah mengatakan Puskesmas Sei Merdeka sudah melakukan tindakan pencegahan, antara lain menggiatkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di Kelurahan dan di Desa, diantaranya dengan melakukan kegiatan penyuluhan, dan melakukan abatesasi serta melaksanakan kegiatan Foging Fokus. Selain itu, penguatan gerakan 1 rumah 1 jumantik juga menjadi salah satu cara pencegahan peningkatan kasus demam berdarah . ungkapnya.

PENULIS. : DICKY ADHYATMA, SKM

banner 468x60

Subscribe

Terima kasih untuk membaca artikel kami untuk informasi update silahkan berlangganan newslatter kami, isi kolom di bawah ini lalu tekan Submit

No Responses

Leave a Reply