Proses Evakuasi Tanah Longsor

Proses Evakuasi Tanah Longsor

KISAHKU ………………. PROSES EVAKUASI TANAH LONGSOR
DI LOKASI PENAMBANGAN PT. LEMBUSUANA

Bukit Merdeka 29 Januari 2015, Jum’at dinihari sekitar pukul 04.30 wite cerita ini berawal. Di lokasi Penambangan batu bara milik PT. Lembusuana Kelurahan Bukit Merdeka Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.
Telah terjadi longsoran tanah dari sisi tebing yang memiliki kedalaman 80 – 100 meter, sementara didasar lokasi karyawan perusahaan sedang asyik bekerja yang terdiri dari 5 orang dengan rincian sebagai berikut :
AR dan Sy sebagai operator Eksavator, Na sebagai operator Dozer, NH sebagai operator HD dan SV sebagai operator DT.
Saat longsoran terjadi, ketika tumpukan tanah mulai menggeser posisi alat berat yang dioperasikan SV dan AR langsung keluar dari cabin alat berat yang mereka operasikan dan terjun ke kolam sekitar runtuhan material. Saat mereka berusaha keluar dari kolam, runtuhan material berikutnya menimpa kembali dan menenggelamkan mereka, kemudian mereka berusaha keluar kembali, saat mereka mulai berhasil susulan runtuhan material berikutnya manimpa mereka kembali, mereka terus berusaha keluar …………… Qoddarulahu wa masyaa faal …………… kemudian mereka berhasil keluar dari lokasi longsoran dengan selamat. Sekalipun trauma masih mereka rasakan, mereka bersyukur karena berhasil dari musibah tersebut. Sementara rekan mereka Na, NH, dan Sy tertimbun longsoran tanah bersama alat berat yang mereka operasikan.
Jum’at pukul 08.00 wite pihak PT. lembusuana melakukan koordinasi dengan Puskesmas Sei Merdeka untuk membantu proses evakuasi, akhirnya sejak saat itu sampai evakuasi jenazah terakhir tim Puskesmas Sei Merdeka standby dilokasi dilengkapi dengan 1 unit mobil ambulance.
Lokasi yang berlumpur dan dalam ditambah dengan tumpukkan material longsoran menjadi kesulitan tersendiri untuk proses evakuasi, apalagi adanya pergerakan tanah disisi tebing yang sewaktu waktu bisa menimpa tim evakuasi yang ada di lokasi. Namun dengan koordinasi dan kerjasama semua tim yang terlibat (Kepolisian ; Polsek Samboja, Polres, Polda, Basarnas, BNPB, PMI, Puskesmas Sei Merdeka, Koramil, dan Denkav ) proses evakuasi bisa berjalan.
Alhamdulillah sekitar pukul 10.00 wite dihari jum’at NH berhasil dievakuasi, setelah dibebaskan dari lumpur, NH langsung dievakuasi ke RS ABADI Samboja oleh tim ambulance PT lembusuana didampingi ole tim dari dari DVI Polda Kaltim. Sesampai di RS ABADI identifikasi jenazah dilakukan ole DVI Polda Kaltim.
Hari berikutnya sabtu pukul 11.00 wite berhasil di evakuasi jenazah Na, setelah dibersihkan dari kubangan lumpur, selanjutnya jenazah di evakuasi ke RS ABADI oleh ambulane puskesmas Sei Merdeka di dampingi tim DVI Polda Kaltim, seperti sebelumnya setelah serah terima, identifikasi jenazah selanjutnya dilaksanakan oleh DVI Polda Kaltim..
Menyusul kondisi evakuasi yang semangkin sulit dan lahan yang berlumpur diperkirakan kedalamannya sampai dengan 10 meter, mengakibatkan proses evaluasi berjalan lambat.
Alhamdulillah menjelang selasa pukul 02.00 dini hari jenazah yang ketiga Sy berhasil di evakuasi, karena jenazah sudah terkubur dilumpur hamper 5 hari mengakibatkan jenazah nyaris sulit untuk dikenali, selanjutnya jenazah di evakuasi ke RS ABADI Samboja oleh ambulance Puskesmas Sei Merdeka di damping Tim DVI Polda Kaltim, ssampainya di RS ABADI proses identifikasi di tuntaskan oleh Tim DVI Polda Kaltim.
Alhamdulillah di pagi ini hari selasa sekalipun lelah kami merasa puas karena telah berhasil dan terlibat dalam proses evakuasi korban pada musibah tanah longsor di PT Lembusuana, semoga semuanya menjadi amal ibadah …………………………………………………………………………………………….

Puskesmas Sei Merdeka, Selasa 02 Pebruari 2016. Ditulis oleh Kepala UPTD Puskesmas Sei Merdeka sebagaimana yang diceritakan oleh Wijang Seno driver Ambulance.

 

banner 468x60

Subscribe

Terima kasih untuk membaca artikel kami untuk informasi update silahkan berlangganan newslatter kami, isi kolom di bawah ini lalu tekan Submit

No Responses

Leave a Reply